Anda di sini: Hal Depan > Artikel > Artikel Umum > Menentukan Qiblat dgn Handphone Anda

Kalender Kegiatan

June 2017
S M T W T F S
28 29 30 31 1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 1

Waktu Sholat

[ Tukar Kawasan ]
Tutup

Login Form



Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini336
mod_vvisit_counterKemarin597
mod_vvisit_counterMinggu Ini3083
mod_vvisit_counterMinggu Lalu5216
mod_vvisit_counterBulan Ini19917
mod_vvisit_counterBulan Lalu23536
mod_vvisit_counterTotal1015708

Online (20 menit lalu): 15
IP Anda: 54.161.49.129
,
2017-06-23 13:45
Menentukan Qiblat dgn Handphone Anda PDF Print E-mail

N95Menentukan Qiblat dgn Handphone Anda 


Arah Qiblat buat umat Muslim tentunya arah yang paling terkenal karena merupakan salah satu syarat dalam menunaikan sholat  Tetapi, tahukah anda!? arah Qiblat yang terkenal itu bisa ditunjukkan oleh Handphone yang juga menjadi gadget paling terkenal saat ini.

Handphone dengan teknologi saat ini dapat menunjukkan arah Qiblat. Tetapi, tidak semua handphone dapat menunjukkah arah Qiblat. Handphone yang dapat menunjukkan arah Qiblat adalah Handphone yang sudah terintegrasi dengan alat GPS. Anda bisa mengetahuinya dengan membaca spesifikasi handphone anda apakah  ada tulisan “Built-in GPS receiver with A-GPS function”.

Beberapa merek dan type handphone yang sudah terintegrasi alat ini antara lain : Nokia N95, Nokia E71, Nokia 5800, Nokia 6110 Navigator,  Sony Ericsson C702, SAMSUNG i900 OMNIA, Samsung SGH-i550w, DLL.

Jika merek dan type handphone anda salah satu dari yang saya sebutkan tadi atau spesifikasi handphone anda tercantum “Built-in GPS receiver with A-GPS function”, maka bersyukurlah karena anda bisa menggunakannya untuk menentukan arah Qiblat dimanapun anda berada dan insyaallah dapat lebih menyempurnakan sholat anda.

Lalu, bagaimana caranya ?
Dalam menentukan arah Qiblat, di setiap merek dan type handphone berebeda-beda tergantung dari operating system yang digunakan oleh handphone tersebut. Disini saya akan menunjukkan cara mengetahui arah Qiblat dengan menggunakan handphone Nokia N95  dan untuk handphone dengan merek dan type lainnya anda bisa membaca di buku manual nya.

Pada handphone Nokia N95.  pertama-tama tampilkan piliham menu. kemudian, pilih menu Tools. Pilih menu Connectiviy. Pilih GPS data.

Setelah anda memilih GPS data, akan tampil informasi “Searching for GPS satellites” dan “Calculating GPS data”. setelah selesai akan tampil 3(tiga) pilihan utama, yaitu : Navigation, Position dan Trip Distance.

Pilih Position. Hal ini untuk mendapatkan / memastikan lokasi anda saat ini menurut satellite. Pada pilihan ini akan ditampilkan keterangan : Latitude, Longit, Accuracy, Altitude, Alt, acc, dan Speed.

Pastikan semua keterangan terisi. Kalau belum terisi pastikan koneksi dengan satellite dalam keadaan baik dengan cara klik options - satellite status.

Jika koneksi dengan satellite dalam keadaan baik status bar akan terisi penuh, jika kurang baik atau tidak ada koneksi sama sekali, coba anda berdiri di tempat  terbuka untuk mendapatkan koneksi yang lebih baik.

Setelah anda mendapatkan posisi anda saat ini, kembali ke menu sebelumnya dan pilih menu Navigation - pilih option -  pilih Set Destinantion - pilih Coordinates.

Anda akan diminta untuk memasukan Latitude dan Logitude. Masukkan Latitude dengan 21.4225°N dan Logitude dengan 39.8261°E (N dan E jangan sampai salah).

Angka Ini adalah posisi Ka’bah di Mekah menurut satellite dengan format decimal. Untuk handphone yang meminta nilai poisisi dalam format Degrees-Minutes-Seconds masukkan Latitude dengan 21.25.21 dan Logitude dengan 39.49.34.

Setelah anda memasukkan Latitude dan Logitude, pilih Ok. Handphone anda akan mulai menampilkan gambar seperti  kompas. Perhatikan gambar tersebut, jika anda menemukan tanda titik merah pada lingkaran, itulah tanda yang menunjukkan arah Qiblat.

Selamat mencoba.
Di tulis oleh Gunawan Aslah
Comments (9)
  • Anonymous  - Komentar
    Anda menulis seperti **** ** aja
  • Administrator
    Terimakasih atas kritikannya pak. Maaf, kata-kata anda saya sensor sedikit karena web ini buat umat muslim, kata-kata yang kurang sopan tidak diperkenankan di keyakinan kami. Untuk tulisannya sudah saya coba perbaiki, mudah-mudahan sudah lebih baik.
  • Anonymous
    Bagus Banget,Pak... Jadi Tertarik ni... Kalao untuk seri N73 kira2 udah bisa gk y???
  • Administrator
    Sayangnya untuk Nokia N73 belum ada fitur GPS nya Pak. Handphone yang memungkinkan hanya Handphone yang memiliki fitur GPS. Cara lain untuk melihat Qiblat bisa menggunakan google maps. Insyaalah kalau ada waktu saya posting disini caranya. Atau bisa juga menggunakan Qiblat Locator (www.qiblalocator.com)
  • Mohamad Shamsul
    Dimana download application
  • Administrator
    Application yang mana pak ? kalau untuk Qiblat Locator bisa langsung ke alamatnya (www.qiblalocator.com)
  • gembul  - SE K550i
    bagus banget, kalau Sony Ericsson K550i bisa ga ya?
  • Administrator
    Silahkan cek manualbook nya.
  • surya achdiat
    Bagus banget, cuman semoga Samsung GT-S5253 bisa,
Tulis komentar
Detail kontak anda:
Comment:
Security
Silahkan inputkan kode anti-spam yang bisa terbaca pada gambar ini.